d3821aa Sejarah pintu masuk dan inspirasi pintu utama desain rumah build_links(); ?> build_links(); ?> build_links(); ?>
top of page

Sejarah pintu masuk dan inspirasi pintu utama desain rumah

Diperbarui: 28 Feb 2020

Desain rumah /model rumah tinggal baik itu model rumah minimalis, modern, klasik ataupun kontemporer tidak terlepas dari peranan arsitek dalam mendesain bangunan rumah. Setiap sisi dan bagian memiliki nilai estetika. Salahsatu bagian penting mempengaruhi desain rumah adalah pintu masuk utama.




Berbicara tentang pintu utama rumah, tidak terlepas dari perkembangan pintu masuk rumah dari tahun ke tahun sebagai bagian dari arsitektur desain rumah itu sendiri. Yang menjadi inspirasi desain rumah dan pintu utama rumah sekarang. Dibawah ini, kita bahas tentang sejarah perkembangan pintu masuk bangunan rumah serta inspirasi model pintu rumah.


“Desain dan bentuk rumah sebagai ungkapan zaman dan tingkah laku manusia mempengaruh desain pintu masuk utama rumah dari tahun ke tahun”


Sejarah Pintu Masuk Bangu

an Rumah

Bangunan dan bagian-bagiannya dari beberapa abad sudah banyak diketahui orang dengan jelas, bagaimana manusia telah menjadi lebih bebas dan lebih sadar. Bangunan-bangunan menjadi lebih terang dan ringan. Bagi manusia modern,rumah tidak hanya menjadi benteng-benteng terhadap musuh, perampok, dan sebagainya. Melainkan juga menjadi struktur yang menyenangkan, indah, dan memberikan arti kehidupan dan kasih sayang, terbuka bagi alam dan tempat pelindung dari ketidakadilan.

Di era sekarang ini dalam merancang arsitektur bangunan desain rumah, pemilik rumah kelas menengah ke atas tidak hanya melihat bangunan sebagai fungsi tempat berteduh dan kebutuhan ruang saja, tetapi lebih dari itu, yang dapat menunjukkan status sosial dan nilai keindahan serta trend. Yang menuntut arsitek lebih kreatif, lebih kekinian dengan memiliki nilai estetika dalam desain rumah. Meskipun begitu arsitek tidak mengesampingkan nilai keamanan dan fungsi yang menjadi tujuan utama sejak rumah pertama didirikan. Hal ini merupakan akibat dari benturan arus zaman yang terus berkembang. Akibat benturan tersebut membuat para arsitek berpikir bagaimana memdesain rumah yang elegan, menaikkan status sosial, penuh estetika, serta melindungi dari tindakan kejahatan serta cuaca.


Berbicara tentang arsitek, desain rumah, atau bahkan model rumah minimalis kalau tidak berbicara juga tentang pintu depan atau pintu masuk sebuah rumah. Sudah banyak yang tahu model pintu dari tahun ke tahun? Mari kita simak bentuk desain pintu dari tahun ke tahun.


1. Sekitar tahun 1000


Pada sekitar tahun 1000, rumah dibangun dengan pintu gerbang yang rendah dengan ambang pintu yang tinggi ( tanpa jendela, cahaya masuk melalui atap yang terbuka)

Gambar pintu kuno dengan ambang pintu tinggi dan tanpa ada pijakan teras atau beton di depannya



2. Sekitar tahun 1500



Desain rumah pada tahun ini memiliki pintu gerbang yang berlapis tebal dengan pengetuk pintu, jendela kaca yang berjeruji dengan kaca gudang.

karena pada masa ini mereka masih memikirkan keamanan dan perlindungan dari kejahatan. sehingga jendela yang dipasang tidak besar,hanya sebagai cahaya bisa masuk kedalam. dan posisi jendela yang tinggi.

Gambar pintu kuno dengan pengetuk pintu besi




3. Pintu tahun 1700


Pada masa ini, pintu-pintu masuk rumah dengan tangga masuk yang menawan didepannya serta daun pintu kaca yang menawan hati.



Gambar pintu kuno tahun 1700 dengan daun pintu kaca



4. Abad ke-20


Pada masa ini, pintu masuk utama sudah mulai berkembang, jalan setapak yang kering mengantarkan kita dari mobil langsung ke pintu, atau ada teras yang besar di depannya. Dengan pintu terbuat dari pintu kaca ataupun kaca cermin Yang mempengaruhi lampu listrik yang menyala dan sekaligus melaporkan kedatangan tamu.




pada masa ini timbul pintu-pintu modern dan penggabungan pintu kuno dengan pintu modern yang sudah dikembangkan menjadi pintu lebih kekinian sesuai perkembangan zaman pada abad ke-20. tergantung pada masa periodenya.


gambar pintu kaca, cermin pada abad ke-20



Di atas merupakan perkembangan desain pintu dari tahun ke tahun atau dari zaman ke zaman yang sangat favorit pada masa itu. Meskipun begitu, pintu-pintu kuno tersebut masih ada dipakai oleh masyarakat saat sekarang ini, sehingga menjadikan pintu tersebut menjadi antik. Selain model pintu di atas, beberapa arsitek terkadang mengkolaborasikan model pintu kuno dengan model pintu modern yang disandingkan dengan model rumah minimalis.

Berikut dibawah ini kita bahas model-model pintu rumah yang bisa mengispirasikan kita dalam mendesain pintu rumah pada masa sekarang ini.



Jika berbicara tentang desain rumah, kebanyakan saat ini orang lebih banyak mencari model rumah minimalis. Desain rumah minimalis menjadi desain yang paling favorit dikalangan masyarakat desa maupun perkotaan. Model rumah minilmalis banyak dicari dikarenakan lebih praktis, mulai dari konsep maupun dekorasi. Nantinya barang-barang yang digunakan tidaklah terlalu besar-besar sehingga tidak terlalu repot-repot memikirkan konsepnya.

bahkan model pintu yang paling banyak di minati masyarakat pun adalah model pintu minimalis.

Namun disini kita tidak hanya memberikan contoh pintu-pintu minimalis saja tetapi juga pintu klasik dan kontemporer yang dapat mempengaruhi estetika desain rumah dan arsitektur rumah tersebut.




Pintu kayu minimalis dengan pola garis-garis vertikal dan horizontal dengan dipadukan dengan handle pintu steinless atau dipadukan dengan list-list aluminium menambaha kesan lebih indah dan modern.










Gambar pintu minimalis modern





Gambar pintu minimalis dengan pola garis vertikal dan horizontal



gambar pintu minimalis kotak-kotak vertikal horizontal dan zig-zag


2. Desain Pintu kontemporer

Kebanyakan orang sering menyalahartikan rumah dan pintu minimalis, jika sudah ditambahkan unsur lokal,kunsur yang bukan garis lurus /lengkung ,warna yang tidak natural ataupun ukuran pintu yang tidak minimalis lagi / melebar atau sangat tinggi, akan berubah menjadi model pintu rumah kontemporer bukan bentuk pintu berdesain minimalis. Jadi banyak sekarang bangunan rumah minimalis di kombinasi dengan kontemporer dan bangunan tropis, hal ini disebabkan menyesuaikan dengan lingkungan alam, budaya dan lebih kekinian atau trend di daerah tersebut.

Berikut beberpa pintu rumah kontemporer:


gambar pintu kontemporer garis zig-zag dan garis lengkung


gambar pintu dengan unsur lokal ( motif wajik) gambar pintu dengan pola melebar


3. Inspirasi desain/ model pintu klasik

Sebagian masyarakat lebih menyukai rumah klasik, bentuk- bentuk pintu klasik, menggunakan elemen pintu panil yang memiliki kaca maupun berukir memberikan kesan elegan dan mewah memperkuat nilai desain rumah klasik itu sendiri. Pengaruh pintu klasik dimulai pada arsitektur abad pertengahan, dimana sampai sekarang masyarkat masih menyukai desain rumah klasik dimana bangunannya lebih mewah dan elegan.

Adapun beragam model pintu klasik, dapat kita aplikasi ke-setiap model rumah klasik tersendiri. bahkan model pintu klasik yang sederhana, terutama pintu panil sederhana, sering digunakan juga oleh masyarakat untuk model rumah minimalis.desain pintu rumah klasik banyak jenisnya baik dari bentuk sederhana hingga dengan berukir banyak dengan list kusen pintu yang tegas mempercantik pintu sendiri. berikut saya bahas bentuk atau model pintu klasik yang dipengaruhi oleh beberapa unsur daerah, yang dapat menjadi inspirasi anda untuk membuat model rumah klasik yang elegan dan mewah namun masih kekinian atau trend sekarang ini.


a. Pintu klasik eropa

Model pintu klasik eropa, memiliki list kuzen pintu yang menonjol dengan adanya kotak-kotak persegi panil yang menonjol ditengahnya.dengan desain yang sederhana atau simple tapi masih ada nilai klasiknya, atau dengan paduan kaca hingga sampai motif dengan ukiransederhana hingga rumit/detail.

Berikut berapa pintu klasik eropa yang banyak memperngaruhi dalam desain rumah:


model pintu klasik dengan panil-panil kotak ditengahnya dan list kuzen yang menonjol


model pintu kayu klasik dengan frame kaca polos kotak-kotak dan kaca patry ditengahnya.



model pintu panil kayu dengan adanya pola kaca melengkung ditengah dan tiang-tiang klasik di sisi pinggir kiri kanan pintu




pintu klasik dengan list kozen berukir dan pintu panil berukir




Jika anda ingin desain rumah klasik yang ada pengaruh islam, desain pintu klasik bergaya ala arabian atau marocco-an bisa menjadi pilihan untuk inspirasi desain rumah anda. sehingga menjadikan rumah anda menjadi elegan, mewah dan terdapat nilai atau unsur-unsur estetika rumah yang bercorak /tekstur islami.

Biasanya pintu-pintu klasik bergaya arabian ini besar-besar dan tinggi. Biasan, kita menemukan model dan corak lengkung pinggiran pintu hanya di masjid atau mushalla. tetapi pola-pola lengkung pintu itu juga terdapat atau kita lihat juga dibangunan rumah mewah arabian.

pintu klasik arabian, dengan pola-pola melengkung di kozen dan list sekitar pintu, dengan ukiran atau ornamen islami.


pintu klasik marocco style dengan ukiran islami atau lengkung-lengkung sekeliling entrance pintu yang islami.


Pada umumnya pintu klasik arabian atau marocco , selalu menggunakan list beton entrance / pintu masuk utama dengan pola lengkung-lengkung, adapun pola yang selalu digunakan sebagai berikut:


Pola ornamen pintu /jendela dan ornamen relief marocco atau arabic style


c. Pintu klasik skandinovian

Desain rumah klasik yang sederhana dengan warna-warna yang cerah dan lembut, menyatu dengan alam dan kayu natural. Hal itu menunjukkan model rumah atau desain rumah skandinovian itu sendiri. Umumnya warna-warna skandinovian tersebut adalag warna putih, abu-abu, biru atau warna lembut lainya. warna warna netral dan natural, simpel / sederhana ciri khas dari pintu klasik natural.

gambar pintu skandinovian


Desain pintu klasik warna putih dan biru muda,atau abu-abu tua dipadu dengan dinding yang berwarna putih menjadikan rumah bergaya skandinovian ini menjadi kesan cerah dan cozy.



Gambar pintu klasik skandinovian warna pink


Desain pintu warna lembut pink dengan list timbul di sekeliling pintu bewarna putih serta dinding rumah berwarna abu-abu atau full putih. mejadikan rumah menjadi cerah dan terang dengan adanya bukaan jendela kaca membuat rumah bergaya klasik skandinovian ini menjadi indah dan out-standing.



4. Pintu stunning ( desain pintu rumah yang of the box)

Biasanya kita mendesain pintu, baik itu pintu rumah klasik ,kontemporer maupun klasik, selalu dengan ketinggian atau lebar standard. Ataupun dengan fasad entrance pintu utama yang model seperti itu saja. nah..... disini kita memberikan model pintu rumah yang tidak biasa, spektakuler, yang dapat menjadikan inspirasi bagi anda dlam membuat desain rumah yang memberikan kesan kokoh, stunning dan megah. baik itu model rumah minimalis, modern, rumah klasik maupun desain rumah kontemporer.

Berikut adalah model pintu rumah besar dengan gaya minimalis modern dan modern menjadikan desain pintu menjadi stunning / speltakuler ( stunning door):


1. pintu kayu dengan pola lebar kesamping (over size) , dengan bahan menggunakan kayu, cermin maupun steinless . dan memadukan bahan cermin pada pintu atau kayu. Ataupun pintu yang berbahan kayu palet dipadu dengan kaca yang outstanding atau spektakuler.





Gambar model pintu dengan pola melebar dan besar


Gambar model pintu dengan pola melebar dan besar


2. Pintu dengan over size vertical (bisa terbuat dari kayu maupun kaca). Pintu ini tampak seperti pintu biasa, namun tingginya tidak lazim yaitu lebih tinggi dari pintu biasa. Tinggi pintu ini kadang bisa mencapai langit-langit rumah ataupun tidak terlalu sampai ke langit-langit rumah.

gambar pintu modern minimalis vertikal atau over size dengan ketinggian 3 sampai 5 meter


3. Warna pintu yang mencolok atau terang pada entrance

Warna cerah dan terang pada dinding sekitar pintu yang biasa saja memberikan kesan menarik perhatian dan mencolok . Biasanya hal ini kita temukan atau dapat dilakukan pada pintu entrance sebuah studio , kafe atau toko kecil pada bidang depan bangunannya.

Pada saat ini anak-anak muda / kaum milenia cenderung melirik tempat-tempat yang mencolok baik dari segi tempat maupun dari segi warna yang diberikan. Alasan warna-warna mencolok dipilih karena banyak diminati para warganet yang sehari-harinya memang aktif di sosial media. Hal itu bisa menjadi ajang promosi tersendiri untuk mempromosikn tempat yang kita miliki dan mudah di ingat.

Karena warna-warna cerah dan terang menyoroti pintu masuk itu sendiri dan memberikan pernyataan akan identitas tempat tersebut yang mudah di ingat konsumen atau orang yang berkunjung disana.

Hal tersebut menjadikan pintu masuk utama yang biasa saja menjadi spektakuler dan menarik.

entrance pintu dengan warna mencolok



gambar desain pintu dengan warna mencolok/ terang dan mural


Beberapa penjelasan tentang inspirasi pintu pada bangunan rumah tinggal ataupun desain arsitek pada bangunan publik lainnya seperti kantor, kafe atau studio. dapat menjadikan sebagai bahan pertimbangan atau insiprasi bagi anda dalam mendesain bangunan arsitektur yang anda inginkan.

Untuk mendesain bangunan rumah tinggal atau melihat model rumah bisa anda lihat di bawah ini di www.viefansarch.com atau di www.viefansarchitecture.com .

contact : 082392882944 (fania)

 




243 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page