d3821aa Trend Desain Rumah Minimalis pada Rumah Urban (Perkotaan) 2020 build_links(); ?> build_links(); ?> build_links(); ?>
top of page

Trend Desain Rumah Minimalis pada Rumah Urban (Perkotaan) 2020

Diperbarui: 27 Feb 2020

Rumah minimalis semakin sering didengar dan dipilih oleh masyarakat sebagai desain rumah. Istilah ini seringkali muncul di media massa untuk menunjuk sebuah bangunan yang dianggap menerapkan gaya atau trend arsitektur/interior masa kini. Tujuannya agar memperoleh kesan rumah atau bangunan yang dirancang dengan gaya baru, modern dan berselera kekinian.



Membangun rumah menjadi sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan rumah termasuk tiga unsur pokok di dalam kehidupan, yaitu sandang, pangan, dan papan. Namun, masih ada beberapa kendala dalam membangun rumah. Lahan yang sempit dan harga tanah yang semakin mahal menjadi problematika bagi masyarakat urban sekarang. Masyarakat yang ingin memiliki rumah akan merasa kesulitan, sehingga harus memutar otak untuk mewujudkannya. Rumah dengan ukuran yang cukup besar mungkin akan sulit untuk diwujudkan. Lahan yang sedikit atau kecil bukan berarti tidak bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memenuhi aktivitas dan kebutuhan sehari-hari penghuninya. Seperti yang sudah kita ketahui banyak sekali variasi dalam penataan ruangan yang disesuaikan dengan karakter dan kepribadian pemiliknya. Setiap penataan dan desain rumah tersebut memiliki ciri khas dan identitasnya masing-masing sesuai dengan pilihan dan kesukaan subjektif dari setiap individunya.


Urban House


Urban house atau rumah perkotaan adalah istilah untuk rumah-rumah diperkotaan yang mempunyai lahan relatif sempit (biasanya luas tanah dibawah 150 M2). Gaya desain rumah urban house dianggap bisa mewakili karakter dan kepribadian orang-orang di zaman sekarang. Saat ini the next contemporary style menjadi rujukan setiap desainer dan seringkali digunakan sebagai pilihan gaya rumah dan atau apartemen-apartemen kecil, terutama yang berlokasi di kota-kota besar. Berikut contoh tren rumah urban.


Rumah Minimalis Modern 2 lantai Batu Bata Ekspos

Rumah Minimalis Urban

Rumah Minimalis 2 lantai

Rumah Minimalis

Rumah Minimalis

Rumah Minimalis Modern 3 lantai




Rumah Minimalis Modern

Rumah Minimalis Modern

Rumah Minimalis Modern 2 lantai
Rumah Minimalis Beton Ekspos






Rumah Minimalis Modern


Desain minimalis arsitektur modern hanya menggunakan kebutuhan yang mendasar. Dalam arsitrekstur, desain minimalis lebih menekankan kepada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Karakter dari arsitektur minimalis modern berbentuk geometris dan tanpa dekorasi. Arsitektur minimalis modern terfokus pada dua elemen, yaitu pencahayaan yang elegan dan ruang kosong yang tercipta dari pengurangan unsur tiga dimensional. Desain arsitektur minimalis modern banyak digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Ciri utama dari arsitektur minimalis modern sedehana antara lain, bentuk denah yang kotak, bentuk bangunan kubus, deret jendela yang terbentang dengan horizon kotak-kotak, semua sudut rata-rata 90 derajat, dan lebih banyak menggunakan material fabrikasi seperti baja, kaca, serta beton. Ide mengenai kesederhanaan sebenarnya muncul di berbagai daerah, contohnya saja di Indonesia banyak kota-kota besar seperti di Jakarta, Medan dan kota-kota besar lainnya sudah menggunakan arsitektur minimalis modern di tengah-tengah masyarakat urban. Desain yang saat ini popular di sana, yaitu desain rumah minimalis dengan model segita dan juga kota. Namun, berbeda dengan kota lain seperti kota Padang dan Pekanbaru yang masih mempertahankan ciri khas daerah masing-masing dan juga unsur bangunan tropis, seperti atap yang berbentuk limas.


Rumah Minimalis Modern



Rumah Minimalis

Rumah Minimalis

Rumah Minimalis Segitiga


Rumah Minimalis Modern

Rumah Minimalis

Rumah Minimalis Modern

Rumah Minimalis

Rumah Minimalis

Rumah Minimalis Beton Ekspos

Rumah Minimalis Kontemporer


Selain rumah bergaya desain minimalis, model desain rumah yang sedang trend saat ini adalah rumah dengan gaya desain kontemporer. Ciri utama dari rumah dengan gaya desain kontemporer adalah kesan sederhana dan minimalis namun menggunakan sentuhan yang berani dalam corak atau motifnya. Dalam dunia arsitektur, desain kontemporer merupakan gaya desain yang selalu mengikuti perkembangan zaman atau perkembangan waktu. Gaya arsitektur kontemporer mudah dikenali lewat gaya desainnya yang praktis dan fungsional. Desain kontemporer identik dengan bentuk geometris yang simple ,juga warna-warna netral dengan tampilan yang bersih, dengan penggunaan jendela-jendela besar serta bentuk unik dan aneh yang dikombinasikan dengan apik. Material alami dari alam sangat cocok untuk membangun rumah dengan bergaya kontemporer. Desain gaya kontemporer bisa juga di sebut dengan gaya desain yang dinamis, karena dalam desain kontemporer di beri kebebasan untuk memberikan sentuhan personal gaya desain yang sesuai dengan personality pemilik. Desain rumah gaya kontemporer berbeda dengan desain rumah gaya modern, dalam hal ini banyak orang yang salah menafsirkannya, Kedua desain ini memiliki ciri khas masing-masing, pada desain rumah gaya modern yang diutamakan adalah gaya desain yang detail dan spesifik, sementara desain rumah gaya kontemporer lebih mengutamakan kesan sederhana dan minimalis.


Rumah Minimalis Kontemporer

Rumah Minimalis Kontemporer

Rumah Minimalis Kontemporer

Rumah Minimalis Kontemporer


Rumah Minimalis Kontemporer


Rumah Minimalis Kontemporer

Rumah Minimalis Kontemporer

Rumah Minimalis Kontemporer


364 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page